31 Juli 2008

TiPs2 BiaR AnAk MaU MaKaN



Atas saran Danti, tetangga saya di kantor .. coba posting hal-hal yg kira2 bermanfaat.. hehe, betul juga. Soalnya isi blog saya ini semua cerittaaaa melulu, gak ada yg bermanfaat gimannnaa gitu.

Nah..berdasarkan pengalaman punya anak yg susah makan. Saya punya beberapa TiPs supaya anak saya mau makan atau paling gak mau buka mulut.

TiPs-nya:
- Jangan kasih makanan pada saat si anak lagi 'ngambek' (jgn samain sm kita2 yg dewasa, kalo lg bad mood, pelampiasannya makan banyak)
- Beri suasana yg menyenangkan pada saat memberikan makanan pada si anak
(misalnya diajak maen. Untuk sebagian ortu ini gak berlaku, karena tidak membiasakan sang anak membedakan saat maen dan makan. Tapi kalo menurut saya, daripada si anak gak mau makan samsek, ya mendingan dia mau makan dongg ahh..)
- Jangan memberikan makanan kecil di sela2 dia akan makan. Kalo mau, setelah dia makan..misalnya setelah jam makan siang, seperti jam 3. Itu juga makanan kecil yg 'sehat', jgn biasakan ngemil snack2 yg mengandung 'msg'.
- Berikan madu 2x sehari, 1 sendok teh untuk anak di atas umur 1 tahun (tips ini tokcer banget bwt anak sulung saya. Napsu makannya lumayan meningkat dan yg lbh penting, bikin daya dan stamina tubuhnya meningkat pula). Pokoknya untuk yg satu ini, saya 'recommend' banget. Madu sangat bagus utk kesehatan. Kalo bisa minum madu asli jgn yg byk campurannya.
- Berikan contoh yang baik kepada anak. Misalnya minum madu, biasakan jg kita minum madu di depannya.

OK..mudah2an TiPs2 ini berguna ya..

Tidak ada komentar: