17 Oktober 2008

Gatal-gatal dan Tepung Kanji


Waktu sekitar umur 6 bulan, Raya mulai suka menggaruk2 bagian belakang lehernya. Lumayan sering, sampai2 pernah terbangun tengah malam dan mungkin saking gatalnya, Raya menggaruk sampai kulitnya berdarah. Saya sempat khawatir. Sebenarnya saya sudah tahu kalau anak2 saya punya bakat alergi, karena saya punya riwayat alergi juga. Khayra lebih rentan di tenggorokan, sedangkan Raya di kulitnya. Sejak mulai makan, baru ketahuan kalau Raya alergi pada makanan tertentu. Setelah diobservasi, Raya alergi ayam, brokoli dan kacang2an. Oleh Dokter diresepkan bedak kocok dingin. Katanya sih, alergi ini semacam eksim, dan tidak bisa hilang alias akan muncul2 lagi (waahh..). Pemberian bedak itu hanya sedikit membantu mengurangi gatal2nya. Kemudian atas saran tante saya, saya mengolesi tepung sagu/kanji yang telah dikentalkan dengan air di daerah gatal2 tsb. Alhamdulillaah manjur. Setelah diolesi tepung kanji tsb di malam hari, keesokan paginya, eksim dan gatal2nya hilang. Sejak itu eksimnya sudah tidak ada lagi. Gatal2nya sekali2 kambuh tapi tidak separah yang lalu2.

1 komentar:

alvocado juice mengatakan...

tidak hanya baby mbak, saya juga sering gatal2 karena keringt, semacam keringat buntet. saya kasih tepung kanji alhamdulillah langsung bereaksi.