16 Desember 2008

Part Two - Hand, Foot and Mouth Disease


Hal yang saya khawatirkan akhirnya terjadi. Hari Sabtu sore, sewaktu saya lagi belanja harian, saya dapat telpon dari suami yang kasih kabar kalau Raya demam dan terdapat beberapa sariawan di lidah dan di dalam mulutnya. Setelah suami saya konsultasi dg dokter spesialis anak (dsa) lewat telpon (via suster yg telpon ke dsa tepatnya), Raya diberi 2 obat yg sedang diminum Khayra di luar antibiotiknya. Untungnya Raya masih mau makan dan minum susu dan malamnya pun tidur nyenyak. Namun pagi harinya Raya mulai tidak mau makan dan minum susu sama sekali. Suhu badannya pun tinggi dan mulutnya terbuka terus, mungkin karena sariawannya perih, ditambah pilek juga. Akhirnya karena tidak mau makan dan minum susu, dengan berat hati, saya minumkan susu ke mulutnya dengan sendok dengan setengah paksa (cekok). Setelah dibawa ke UGD Minggu sore tapi tidak terlalu membantu karena dokter jaganya kurang kooperatif, Senin pagi kami membawanya ke dokter anak dan diagnosa dsa ini memang Raya tertular penyakit HFM. Semalam, Raya sudah mulai mau makan walaupun susah sekali tidur.

Tidak ada komentar: