12 Desember 2008

Hand, Foot and Mouth Disease


Sudah 2 hari belakangan ini Khayra mulai mogok makan. Nasi beserta lauk pauknya sama sekali gak dimakan. Sebagai gantinya dia minta roti saja. Saya mulai curiga saat saya ganti celananya, ada ruam2 merah di paha dan juga tumben2an mulutnya berbau gak sedap. Sewaktu dilihat ke dalam mulutnya, terdapat sariawan di pinggir lidah.Waktu saya raba dahinyapun agak hangat. Semalaman itupun dia rewel susah tidur, walaupun suhu badannya sudah mulai kembali normal.

Akhirnya keesokan hari setelah diperiksa dokter, Khayra didiagnosa terserang penyakit Tangan, Kaki dan Mulut (Hand, Foot and Mouth Desease). Karena penyakit ini menular, kemungkinan Khayra tertular dari anak lain. Setelah saya runut2, Khayra tertular penyakit ini dari kakak sepupunya, Zahra, sewaktu berlebaran haji di rumah Oma, hari Senin lalu. Saat itu, Zahra lagi sariawan dan sebelumnya juga ada ruam2 merah di sekujur tangan dan kakinya, tapi tidak timbul secara bersamaan. Menurut informasi yang saya baca, penyakit ini cukup berbahaya, karena bila terlambat ditangani bisa mematikan. Penyakit ini pernah menghebohkan Singapura (katanya berasal dari negri ini) dan Batam. Untuk itu, perlu juga menjaga kebersihan tangan dan badan tentunya. Insya Allah, karena sudah ditangani lebih awal, Khayra bisa kembali sehat segera dan adiknya tidak tertular. Aamiin.

Tidak ada komentar: